PENGARUH HARGA, BRAND IMAGE DAN PERSONAL BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI UNIT RUMAH DI KOMPLEKS ROYAL SUMATERA

Authors

  • August Halomoan Siregar STMB MULTI SMART

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i1.197

Keywords:

Harga, Brand Image, Personal Branding, Keputusan Membeli

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga jual unit rumah, brand image dari lokasi perumahan maupun pengembang dan personal branding  dari tenaga Sales terhadap keputusan konsumen membeli unit rumah di Kompleks Royal Sumatera yang merupakan Residensial & Golf Course terbesar dan terkenal di kota Medan serta di Provinsi Sumatera Utara.  Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yaitu incidental sampling terhadap 50 responden.  Pengolahan data menggunakan SPSS versi 24 untuk analisis regresi linear berganda.  Berdasarkan penelitian diperoleh persamaan regressi linear Y = 2,435 + 0,142X1 + 0,105 X2 + 0,321 X3 dan hal ini menunjukkan Harga, Brand Image serta Personal Branding memberikan dampak yang positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli unit rumah di Kompleks Royal Sumatera. Secara parsial Harga memiliki sig 0,014 < α (0,05) serta t-Hitung 3,566 > t-Tabel (2,013) sehingga dikatakan variable Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. Secara parsial Brand Image memiliki sign 0,013 < α (0,05) serta t-Hitung 2,365>t-Tabel (2,013) sehingga dikatakan variable Brand Image berpengaruh positif dann signifikan terhadap keputusan membeli. Secara parsial Personal Branding memiliki sign 0,001 < (α) 0,05 serta t-Hitung 5,012>t-Tabel (2,013) sehingga dikatakan variable Personal Branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli.  Berdasarkan penelitian ini juga diketahui bahwa secara bersama-sama variabel Harga, Brand Image, dan Personal Branding memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli dimana sign 0,000 < (α) 0,05 dan F-Hitung 9,372 > F-Tabel (2,81).

Published

2021-06-23