PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK DARI PT. ARTHA JAYA MANUNGGAL MEDAN

Authors

  • alvan juniardi marpaung

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i1.224

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Promosi Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penetapan harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk produk dari PT. Artha Jaya Manunggal. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan penetapan harga secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan -thitung sebesar -3,728 < dari -ttabel -1,660 dan nilai signifikan di bawah 0,1 yaitu sebesar 0,001. Sedangkan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 5,286 > dari ttabel 1,660 dan nilai signifikan di bawah 0,1 yaitu sebesar 0,000. Secara simultan penetapan harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 24,344 > dari Ftabel 2,36 dan nilai signifikan di bawah 0,1 yaitu sebesar 0,000. Besarnya pengaruh yang diberikan adalah sebesar 33,7% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini.

Published

2021-06-23