ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLI MOBIL TOP 1 PADA PT. INDOTERAS SUMATERA MEDAN

Authors

  • Iventura Fitra Uli Tamba
  • Kevinta Crisyuntinar

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i2.240

Keywords:

Keputusan Pembelian, Atribut Produk, Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh atribut produk dan promosi terhadap keputusan pembelian oli mobil di PT. Indoteras Sumatera Medan. Jenis penelitian yang digunakan ini merupakan jenis penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata jumlah pelanggan PT. Indoteras Sumatera Medan pada tahun 2016-2020 yaitu sebanyak 105 pelanggan. Sampel pada penelitian ini adalah pelanggan PT. Indoteras Sumatera Medan yang berjumlah 84 orang. Berdasarkan penelitian diperoleh persamaan Y =  -0,151+ 0,446 X1+ 0,308 X2 dan hal ini menunjukkan bahawa atribut produk dan promosi memberikan dampak positif terhadap keputusan pembelian.  Hasil uji Glejser menunjukkan nilai signifikan dari variabel atribut produk adalah 0,726 > 0,05 dan promosi sebesar 0,068> 0,05 dengan demikian disimpulkan bahwa atribut produk dan promosi memiliki dampak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Published

2021-12-23