PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK PT. CENTRADIST PARTSINDO UTAMA

Authors

  • Rusdiana Simamora

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i2.248

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk PT. Centradist Partsindo Utama. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 5,320 > dari ttabel 1,660 dan nilai signifikan di bawah 0,1 yaitu sebesar 0,001. Sedangkan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 4,020 > dari ttabel 1,660 dan nilai signifikan di bawah 0,1 yaitu sebesar 0,000. Secara simultan kepuasan konsumen dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 23,230 > dari Ftabel 2,36 dan nilai signifikan di bawah 0,1 yaitu sebesar 0,000. Besarnya pengaruh yang diberikan adalah sebesar 32,6% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini.

Published

2021-12-23