PENGARUH PROMOSI, LOKASI, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MENEMPUH PENDIDIKAN PADA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS STMB MULTISMART
Keywords:
promosi, lokasi, kualitas pelayanan, keputusanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh promosi, lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam menempuh pendidikan pada Program Studi Administrasi Bisnis STMB Multismart. Penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh dimana semua populasi menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian adalah 73 mahasiswa-mahasiswi Program Studi Administrasi Bisnis untuk jurusan Manajemen STMB Multismart. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner untuk mengumpulkan data dari variabel promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan keputusan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisiesn determinasi. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regressi Y= 1,164 + 0,333 X1 + 0,259 X2 + 0,198 X3. Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan mahasiswa (t-Hitung 6,595 > t-Tabel 1,994). Lokasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan mahasiswa (t-Hitung 6,595 > t-Tabel 1,994). Kualitas Pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan mahasiswa (t-Hitung 3,661 > t-Tabel 1,994). Promosi, lokasi dan kualitas pelayanan secara serempak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa (F-hitung 20,845 > F-Tabel 2,740). Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 45,3% artinya variabel promosi, lokasi dan kualitas pelayanan dapat menjelaskan keputusan mahasiswa sebesar 45,3% dan sisanya 54,7% dijelaskan oleh variabel lain seperti Kualitas Produk, Harga dan Sales promosi.