PENGARUH SALES PROMOTION DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. MULIA UTAMA
Keywords:
lingkungan kerja fisik, promosi, kepuasan konsumen, sales promotion, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sales promotion dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada CV. Mulia Utama. Populasi penelitian ini berjumlah 85 pelanggan CV. Mulia Utama. Sampel penelitian ini ditarik dengan menggunakan sampling jenuh di mana semua populasi menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ini juga berjumlah 85 pelanggan CV. Mulia Utama. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data dari variabel sales promotion, kualitas layanan dan keputusan pembelian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian adalah sales promotion dan kualitas layanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sales promotion dan kualitas layanan secara serempak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 42,6% artinya variabel sales promotion dan kualitas layanan dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 42,6% dan sisanya 57,4% dijelaskan oleh variabel lain seperti kualtias produk, promosi dan lokasi.