PENGARUH PERSONAL SELLING, MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PUPUK PADA PT. TANI MAS SUBUR MEDAN

Authors

  • catherine

Keywords:

personal selling, merek, kualitas produk, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Personal Selling, Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Pada PT. Tani Mas Subur Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 129 pelanggan PT. Tani Mas Subur Medan.Sampel penelitian sebanyak 129 pelanggan PT. Tani Mas Subur Medan. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data dari variabel Personal Selling, Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisiesn determinasi. Hasil penelitian adalah Personal selling secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Merek secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Personal selling, merek dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,961. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel bebas menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel terikat adalah sebesar 96,1%, sedangkan sisanya sebesar 3,9% dipengaruhi oleh variable lain

Published

2021-01-14