FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI ALFAMART (STUDI KASUS DI ALFAMART JL GARU IIA NO.39 MEDAN)

Authors

  • christin veronica sianturi

Keywords:

tangible, realibility, Responsiveness, Assurance, Emphaty

Abstract

Bisnis ritel pada jaman ini merupakan bisnis yang semakin berkembang dan banyak diminati. Persaingan yang ketat diantara pebisnis ritel ini disebabkan oleh semakin banyaknya pusat perbelanjaan. Persaingan tersebut membuat perusahaan – perusahaan di bidang ritel berusaha untuk mempertahankan pelanggannya dan menjadi ritel pilihan pelanggan. Oleh karena itu, tidak jarang banyak perusahaan yang berusaha meneliti tentang kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diterapkan organisasi atau perusahaan selama ini. Pemberi jasa harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dari segi pelayanan sehingga mereka merasa puas, tentu saja dengan memperhatikan lima dimensi kualitas pelayanan diantaranya buktifisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Oleh karena itu, peneliti akan mengkaji seberapa besar kepuasan pelanggan khususnya pelanggan ALFAMART terhadap kualitas pelayanan yang di berikan oleh ALFAMART. Dari penelitian ini diharapkan dapat diketahui seberapa besar pengaruh responsif, keandalan, jaminan, empati ,berwujud terhadap kepuasan pelanggan yang berkunjung serta berbelanja di ALFAMART. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang pernah berkunjung ke ALFAMART. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 responden dengan menggunakan metode accidental sampling dan menggunakan analisis regresi linear berganda.

Published

2021-01-14