PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE ANDROID (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STMB MULTISMART)
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Bauran Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Android merupakan sistem operasi dengan basis Kernel Linux yang banyak digunakan pada smartphone dan tablet. Google merancangnya demi mendukung kinerja perangkat alat elektronik dengan sentuhan, ketukan ataupun gesekan. Sedangkan sistem operasi berupa aplikasi dalam perangkat elektronik yang mengatur keseluruhan sumber daya. Seperti manajemen memori, antarmuka tampilan, aplikasi dan lain sebagainya. Pembuat dan pengembang perangkat lunak bebas menggunakan, memodifikasi, sampai mendistribusikan android. Termasuk para pembuat aplikasi yang membuat android mempunyai jutaan aplikasi siap unduh di Google Play Store. Awalnya android dibuat sebagai pendukung perangkat kamera digital supaya terhubung langsung dengan internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adlah pendekatan survei, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif explanatory. Dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STMB MULTISMART sebanyak 293 mahasiswa. Dikarenakan populasi dalam penelitian sebanyak 293 mahasiswa, maka teknik pengambilan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan tingkat keyakinan 95% sehingga didapatkan sebanyak 169 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, dan studi dokumentasi. Jenis dan sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Model analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan kualitas pelayanan dan bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa STMB MULTISMART pada handphone android.Secara parsial, kualitas pelayanan lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa STMB MULTISMART pada handphone android.