PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT. INTRACO AGROINDUSTRY
Keywords:
Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
PT.Intraco Agroindustry, Medan merupakan Perusahaan yang bergerak dibidang Agri Bisnis yang memproduksi pakan ternak berupa pakan ikan dan pakan udang. Peningkatan terhadap jumlah pembelian barang diperusahaan ini selalu meningkat setiap tahunnya dikarenakan banyaknya permintaan produksi dan permintaan dari konsumen. Produk dan harga merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi pertimbangan perusahaan untuk mengambil keputusan pembelian. Produk yang berkualitas dengan harga terjangkau akan menarik minat perusahaan untuk melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian di PT.Intraco Agroindustry. Jumlah sampel dalam penelitian ini 162 orang dan menggunakan Teknik non-probability sampling yaitu teknik pemilihan sampel yang tidak didasarkan atas hukum probabilitas. Dimana sample diambil dari distributor dan supplier yang paling banyak dilakukan keputusan pembelian. Analisis regresi berganda digunakan sebagai teknik analisis data dan dibantu oleh SPSS 20 dan hasilnya menunjukkan produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini variabel-variabel tersebut valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik dengan distribusi normal. Dan nilai resesi untuk produk adalah 61.7%, selain itu 37.9% untuk harga.