PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO TEKSTIL ALAM JAYA MEDAN

Authors

  • novita

Keywords:

promosi, harga, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Toko Tekstil Alam Jaya Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 pelanggan Toko Tekstil Alam Jaya Medan. Penarikan sampel secara jenuh adalah semua populasi penelitian menjadi sampel sehingga sampel penelitian adalah 40 pelanggan Toko Tekstil Alam Jaya Medan.  Instrumen yang digunakan adalah kuisioner untuk mengumpulkan data dari variabel promosi, harga, kualitas pelayanan  dan kepuasan pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian adalah promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Toko Tekstil  Alam Jaya Medan, harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Toko Tekstil  Alam Jaya Medan dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Toko Tekstil  Alam Jaya Medan. Promosi, harga dan kualitas pelayanan) secara serempak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 14,3% artinya variabel promosi, harga dan kualitas pelayanan dapat menjelaskan kepuasan pelanggan sebesar 14,3% dan sisanya 85,7% dijelaskan oleh variabel lain seperti produk, personal selling dan citra merek.

Published

2021-01-14