PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA-MAHASISWI KAMPUS STMIK TIME SEBAGAI PENGGUNA SMARTPHONE ANDROID)

Authors

  • robin

Keywords:

Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Periklanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh ekuitas merek, kualitas produk dan periklanan terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa-Mahasiswi Kampus STMB Multismart Sebagai Pengguna Smartphone Android. Populasi adalah 57 Mahasiswa-Mahasiswi Kampus STMB Multismart Sebagai Pengguna Smartphone Android.  Sampel penelitian ini ditarik dengan menggunakan sampling jenuh dimana semua populasi menjadi sampel penelitian.  Sampel penelitian adalah 57 Mahasiswa-Mahasiswi Kampus STMB Multismart Sebagai Pengguna Smartphone Android. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner untuk mengumpulkan data dari variabel ekuitas merek, kualitas produk, periklanan dan keputusan pembelian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisiesn determinasi. Hasil penelitian adalah Uji Parsial (Uji t) menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen (ekuitas merek, kualitas produk dan periklanan) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan Uji Simultan (Uji F) menunjukkan bahwa variabel independen (ekuitas merek, kualitas produk dan periklanan) secara serempak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,650 atau 65% sehingga variabel ekuitas merek, kualitas produk dan periklanan dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 65% dan sisanya 35% dijelaskan oleh variabel lain seperti personal selling, harga dan kualitas pelayanan.

Published

2021-01-14