PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CHINDO SINAR JAYA MEDAN

Authors

  • steven

Keywords:

lingkungan kerja fisik, promosi, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh lingkungan kerja fisik dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada Chindo Sinar Jaya Medan. Populasi penelitian ini sebanyak 88 konsumen Chindo Sinar Jaya Medan. Sampel penelitian ini ditarik dengan menggunakan sampling jenuh dimana semua populasi menjadi sampel penelitian yang berjumlah 88 konsumen Chindo Sinar Jaya Medan. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner untuk mengumpulkan data dari variabel lingkungan kerja fisik, promosi dan kepuasan konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisiesn determinasi. Hasil penelitian adalah lingkungan kerja fisik dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Chindo Sinar Jaya Medan. Berdasarkan Uji Simultan (Uji F) menunjukkan bahwa variabel independen (lingkungan kerja fisik dan promosi) secara serempak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,326 atau 36,2% sehingga variabel lingkungan kerja fisik dan promosi dapat menjelaskan kepuasan pelanggan sebesar 36,2% dan sisanya 67,4% dijelaskan oleh variabel lain seperti lokasi, personal selling dan citra merek.

Published

2021-01-14