PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI TB. ABADI LESTARI

Authors

  • erika chai

Keywords:

kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di TB. Abadi Lestari. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan TB. Abadi Lestari dengan sampel sebanyak 80 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel insidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melalui observasi, angket, wawancara dan studi literatur. Teknik dalam pemberian skor untuk kuesioner penelitian ini adalah teknik skala Likert. Analisis Regresi Berganda digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda yaitu Y = 5,352 + 0,296 X1 + 0,205 X2. Kemudian berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sign 0,000 < α (0,05) sehingga dikatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Angka nilai t-hitung yaitu 6,970 > t-tabel (1,99) jadi kesimpulannya berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Selanjutnya pada variabel Kualitas Pelayanan diketahui bahwa sign 0,000 < α (0,05) sehingga dikatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Angka nilai t-hitung yaitu 5,737 > t-tabel (1,99) jadi kesimpulannya berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudian untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang diteliti secara bersama-sama terhadap variabel terikat dilakukan dengan uji statistik F. F-hitung > F-tabel yaitu 85,075 > 2,76 dengan sign 0,000. Karena sign jauh lebih kecil dari 0,05 maka hal ini mengindikasikan bahwa Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.

Published

2021-01-14