FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH TERHADAP PRODUK DAN JASA PADA PT. BANK MNC INTERNASIONAL, TBK
Keywords:
kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan nasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah terhadap produk dan jasa pada PT. Bank MNC Internasional, Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survei, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif explanatory. Dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Bank MNC Internasional, Tbk. Medan yang berjumlah sebanyak 21.391 nasabah. Dikarenakan populasi dalam penelitian sebanyak 21.391 nasabah, maka teknik pengambilan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan tingkat keyakinan 90% sehingga didapatkan sebanyak 100 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, dan studi dokumentasi. Jenis dan sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Model analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah terhadap produk dan jasa PT. Bank MNC Internasional, Tbk.