ANALISIS MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN RM SKINCARE GLOW

Authors

  • Maria Magdalena
  • Ferry Hidayat STMB MULTISMART

Keywords:

Model Komunikasi Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Distribusi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis model komunikasi pemasaran pada RM Skincare Glow. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 konsumen yang melakukan pembelian produk pada RM Skincare Glow. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara yang menggunakan analisis rating scale. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tanggapan responden terhadap model komunikasi pemasaran pada RM Skincare Glow adalah sebesar 186 dengan kriteria penilaian yang disepakati. Ini berarti bahwa responden memiliki penilaian yang disepakati atas pemasaran pada RM Skincare Glow yang dipengaruhi oleh faktor produk, harga, promosi dan distribusi. Faktor tertinggi yang mempengaruhi model komunikasi pemasaran pada RM Skincare Glow adalah faktor promosi dengan skor sebesar 297. Ini menggambarkan bahwa promosi produk yang dijual oleh RM Skincare Glow memiliki kualitas yang baik. Hal ini terlihat dari RM Skincare Glow yang memberikan diskon khusus untuk konsumen, memberikan souvenir atau freebase secara gratis kepada konsumen saat event tertentu sehingga akan konsumen mau merekomendasikan RM Skincare Glow kepada orang lain, penayangan iklan produk RM Skincare Glow pesan yang disampaikan jelas, menarik dan sesuai kebutuhan, tampilan gambar dan perpaduan warna dalam iklan RM Skincare Glow kreatif, menarik dan unik, serta  karyawan bersikap ramah sehingga konsumen tertarik membeli produk RM Skincare Glow. Faktor terendah adalah pada faktor distribusi dengan total skor sebesar 92 dengan kriteria penilaian sangat setuju. Hal ini menggambarkan bahwa faktor distribusi memiliki pengaruh yang rendah terhadap model komunikasi pemasaran pada RM Skincare Glow karena konsumen cukup kesulitan mencari atau untuk membeli produk RM Skincare Glow, RM Skincare Glow lebih aktif menjual produk secara online (shopee, tokopedia) dan penjualan produk RM Skincare Glow di offline store sulit dijangkau

Published

2022-01-14