PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN POLONIA
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib PajakAbstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis apakah kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 40 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Langkah awal pengujian data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas yang selanjutnya akan dilakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial adanya pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak melalui Uji t dimana thitung sebesar 4,596 > lebih besar dari ttabel 2,02619. Koefisien regresi kualitas pelayanan sebesar 0,333 menyatakan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak adalah sebesar 0,333. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan maka semakin tinggi pula kepatuhan wajib pajak. Variabel kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini dapat dilihat dari hasil adanya pengaruh signifikan antara kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak melalui Uji t dimana nilai thitung 2,602 > lebih besar dari ttabel 2,02619. Koefisien regresi kualitas pelayanan sebesar 0,333 menyatakan bahwa variabel kesadaran wajib pajak mempunyai pengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak adalah sebesar 0,355. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat kesadaran wajib pajak maka semakin tinggi pula kepatuhan wajib pajak.