PENGARUH LINGKUNGAN PEMASARAN, KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO SERBA TEKNIK MEDAN

Authors

  • Andrianto

DOI:

https://doi.org/10.62262/jumi.v1i1.149

Keywords:

lingkungan pemasaran, komunikasi pemasaran, kualitas produk, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Lingkungan Pemasaran, Komunikasi Pemasaran dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Serba Teknik Medan Populasi menggunakan 75 pelanggan Toko Serba Teknik Medan. Sampel penelitian ini ditarik dengan menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian adalah : 55 pelanggan Toko Serba Teknik Medan. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner untuk mengumpulkan data dari variabel lingkungan pemasaran, komunikasi pemasaran, kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisiesn determinasi. Hasil penelitian adalah lingkungan pemasaran tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Komunikasi pemasaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan.Lingkungan pemasaran, komunikasi pemaaran dan kualitas produk secara serempak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi penelitian ini sebesar 0,731 atau 73,1% sehingga variabel lingkungan pemasaran, komunikasi pemaaran dan kualitas produk dapat menjelaskan kepuasan konsumen sebesar 73,1% dan sisanya 26,9% dijelaskan oleh variabel lain seperti personal selling, perilaku konsumen dan lokasi.

Published

2021-01-14