PENGARUH ETIKA BISNIS, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. KINGLED INDONESIA MEDAN

Authors

  • Dewi Puspita Sari

DOI:

https://doi.org/10.62262/jumi.v1i1.152

Keywords:

Etika Bisnis, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT. Kingled Indonesia Medan. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survei, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah analisa deskriptif . Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian pada PT. Kingled Indonesia Medan lebih dari 10 kali sebanyak 92 konsumen. Dikarenakan populasi dalam penelitian sebanyak 92 konsumen, maka teknik pengambilan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dimana seluruh jumlah populasi akan digunakan sebagai populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, dan studi dokumentasi. Jenis dan sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji t dimana thitung > ttabel artinya etika bisnis dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh dengan arah positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Kingled Indonesia, sedangkan harga berpengaruh dengan arah negatif dan bersignifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Kingled Indonesia. Berdasarkan hasil uji F atau secara simultan dimana Fhitung > Ftabel artinya secara simultan pengaruh etika bisnis, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Kingled Indonesia dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel etika bisnis, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT. Kingled Indonesia Medan adalah sebesar 52,3%. Sedangkan sisanya sebesar 47,7% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain.

Published

2021-01-14