PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEAKTIFAN SISWA/SISWI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI PERGURUAN NASIONAL PASUNDAN – MEDAN

Authors

  • Friska Salim

DOI:

https://doi.org/10.62262/jumi.v1i1.154

Keywords:

Pengaruh Kedisiplinan, Keaktifan, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa/siswi terhadap prestasi belajar di Perguruan Nasional Pasundan – Medan dan keaktifan siswa/siswi terhadap prestasi belajar di Peguruan Nasional Pasundan – Medan.  Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2012:23) Prestasi Belajar yaitu hasil yang diperoleh berupa kesan – kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar.  Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, sampel yang digunakan  dalam penelitian ini berjumlah 50 responden dari jumlah populasi 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi , kuisioner dan angket. Seta menyajikan hasil pengelolahan data dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh kedisiplinan dan keaktifan siswa/siswi terhadap prestasi belajar di perguruan nasional pasundan – Medan bukan hanya faktor kedisiplinan dan keaktifan siswa dalam prestasi belajar, masih banyak faktor lain yang dipenuhi seperti motivasi, kecerdasan dan lain – lain.

Published

2021-01-14