PENGARUH LINGKUNGAN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN PADA CV. PUTRA MAS PRATAMA
DOI:
https://doi.org/10.62262/jumi.v1i1.159Keywords:
Lingkungan, Bauran Pemasaran, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan dan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian bahan bangunan pada CV. Putra Mas Pratama. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 3,815 > dari ttabel 1,660 dan nilai signifikan di bawah 0,1 yaitu sebesar 0,000. Sedangkan bauran pemasaran secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 4,477 > dari ttabel 1,660 dan nilai signifikan di bawah 0,1 yaitu sebesar 0,000. Secara simultan lingkungan dan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 71,429 > dari Ftabel 2,36 dan nilai signifikan di bawah 0,1 yaitu sebesar 0,000. Besarnya pengaruh yang diberikan adalah sebesar 59,8% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini.