PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWA KAMPUS STMB MULTISMART MEDAN SEBAGAI PENGGUNA LAPTOP MEREK ACER)
DOI:
https://doi.org/10.62262/jumi.v1i1.161Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Inovasi Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian mahasiswa kampus STMB Multismart Medan pada laptop merek Acer. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 9,577 > dari ttabel 1,974 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sedangkan harga secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan -thitung sebesar -3,724 > dari -ttabel -1,974 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Untuk inovasi produk didapatkan bahwa secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 8,766 > dari ttabel 1,974 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Secara simultan kualitas produk, harga dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 166,430 > dari Ftabel 2,66 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Besarnya pengaruh yang diberikan adalah sebesar 74,7% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini.