PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA GRAB BIKE DI STMB MULTI SMART MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.62262/jumi.v1i1.164Keywords:
Lingkungan, Bauran Pemasaran, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional dan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen penggunaGrab Bike di STMB MULTISMART Medan. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan pemasaran relasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 8,775 > dari ttabel 1,974 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sedangkan penetapan harga secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan -thitung sebesar -3,834 > dari -ttabel -1,974 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Secara simultan pemasaran relasional dan penetapan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 49,966 > dari Ftabel 3,05dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Besarnya pengaruh yang diberikan adalah sebesar 37,6% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini.