ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA YAYASAN PERGURUAN SMP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO

Authors

  • Tommy Rahman

DOI:

https://doi.org/10.62262/jumi.v1i1.166

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Promosi, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen dan promosi terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan produk PT. Artha Jaya Manunggal. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 4,728 > dari ttabel 1,660 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sedangkan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 6,656 > dari ttabel 1,660 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Secara simultan kepuasan konsumen dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 132,270 > dari Ftabel 2,36 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Besarnya pengaruh yang diberikan adalah sebesar 73,4% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini.

Published

2021-01-14