PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BAHAN BAKAR MINYAK DI PT. SINGA MAS JAYA ABADI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.62262/jumi.v1i1.170Keywords:
Promosi, harga, kualitas produk, keputusan konsumenAbstract
Singa Mas Jaya Abadi Medan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan bahan bakar minyak. Dalam operasionalnya, tingkat penjualan bahan bakar minyak di perusahaan pada tahun 2019 sampai dengan pertengahan tahun 2020 mengalami penurunan penjualan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian bahan bakar minyak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian bahan bakar minyak di PT. Singa Mas Jaya Abadi Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survei, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di PT. Singa Mas Jaya Abadi Medan dengan jumlah konsumen sebanyak 50 orang. Populasi yang ada adalah 50 orang konsumen sehingga jumlah sampel yang sebanyak jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, dan studi dokumentasi. Jenis dan sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Model analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda Y = 3,753 + 0,066 X1 + 0,246 X2 + 0,301X3. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara parsial Promosi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan konsumen di PT. Singa Mas Jaya Abadi Medan (t-hitung 1,226 < t-tabel 2,012), sementara itu Harga secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan konsumen di PT. Singa Mas Jaya Abadi Medan (t-hitung 1,712 < t-tabel 2,012), namun Kualitas Produk secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen di PT. Singa Mas Jaya Abadi Medan (t-hitung 4,687 > t-tabel 2,012). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Promosi, Harga, dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen di PT. Singa Mas Jaya Abadi Medan (F-hitung 25,568 > F-tabel 2,80).