PENGARUH GREEN MARKETING, INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SINAR JAYA MOTOR
DOI:
https://doi.org/10.62262/jumi.v1i1.172Keywords:
Green Marketing, Inovasi Produk, Harga dan Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh green marketing, inovasi produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Sinar Jaya Motor. Populasi adalah 75 konsumen Sinar Jaya Motor. Sampel penelitian ini ditarik dengan menggunakan sampling jenuh dimana semua populasi menjadi sampel penelitian yang berjumlah 75 konsumen Sinar Jaya Motor. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner untuk mengumpulkan data dari variabel green marketing, inovasi produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisiesn determinasi. Hasil penelitian adalah Green marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Sinar Jaya Motor. Inovasi produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Sinar Jaya Motor.Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Sinar Jaya Motor. Green marketing, inovasi produk dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Sinar Jaya Motor. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,519 atau 51,9% sehingga variabel green marketing, inovasi produk dan harga dapat menjelaskan kepuasan konsumen sebesar 51,9% dan sisanya 48,1% dijelaskan oleh variabel lain seperti mutu produk, kualitas pelayanan, strategi pemasaran.