PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV HANSELIA
DOI:
https://doi.org/10.62262/jumi.v1i1.193Keywords:
kualitas produk, saluran distribusi, keputusan pembelianAbstract
Penelitian dilakukan pada CV Hanselia. Pada penelitian ini akan memberikan fokus kepada masalah keputusan
pembelian, kualitas produk dan saluran distribusi. Pada masalah keputusan pembelian, terjadi penurunan
penjualan pada tahun 2019. Hal yang diduga menyebabkan penurunan penjualan yaitu masalah saluran distribusi
dan kualitas produk. Saluran distribusi yang dimiliki oleh perusahaan masih belum berjalan dengan baik terlihat
dari jumlah keterlambatan pengantaran yang diajukan pelanggan. Pada kualitas produk perusahaan belum
memenuhi harapan dari konsumen yang terlihat dari retur produk yang diajukan oleh pelanggan. Metode
penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis, sifat dan metode penelitian menggunakan penelitian
kuantitatif. Teori yang digunakan akan membahas tentang manajemen pemasaran yang berada di dalam ruang
lingkup harga, promosi, kualitas produk dan keputusan pembelian. Proses pengumpulan data dilakukan dengan
metode wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi Pada penelitian ini memiliki hasil bahwa kualitas produk
dan saluran distribusi akan memberikan dampak yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan hasil
kontribusi antara variabel kualitas produk dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian adalah 15,4%.