ANALISIS PERSONAL SELLING DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CV. MULIA UTAMA

Authors

  • Triana Melinda Sinaga

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i1.212

Keywords:

Personal Selling, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Personal Selling dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada CV. Mulia Utama. Populasi penelitian ini berjumlah 162 pelanggan CV. Mulia Utama. Sampel penelitian ini ditarik dengan menggunakan sampling jenuh di mana semua populasi menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ini juga berjumlah 162 pelanggan CV. Mulia Utama. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data dari variabel Personal Selling, kualitas layanan dan keputusan pembelian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian adalah Personal Selling dan kualitas layanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Personal Selling dan kualitas layanan secara serempak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 62,6% artinya variabel Personal Selling dan kualitas layanan dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 62,6% dan sisanya 37,4% dijelaskan oleh variabel lain seperti kualtias produk, promosi dan lokasi.

Published

2021-06-23