PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT CAVA INDO SUKSES MANDIRI

Authors

  • Andriasan Sudarso STIE IBBI

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i1.214

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah kualitas pelayanan, harga dan promosi secara parsial dan bersamaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT Cava Indo Sukses Mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Metode deskriptif analisis dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian diusulkan dengan analisis. Untuk memperoleh data yang relevan dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data yang di dapat adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara negatif terhadap kepuasan pelanggan pada PT Cava Indo Sukses Mandiri. Variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Cava Indo Sukses Mandiri. Variabel promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Cava Indo Sukses Mandiri. Secara serempak, diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan (X1) harga (X2) dan promosi (X3) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT Cava Indo Sukses Mandiri. dari hasil uji t diperoleh nilai thitung untuk variabel kualitas pelayanan adalah 2.239. dan nilai ttabel adalah sebesar 1.988. Nilai thitung untuk variabel harga adalah
-2.338 dan nilai ttabel adalah sebesar 1.988. Nilai thitung untuk variabel promosi adalah
3.703 dan nilai ttabel adalah sebesar 1.988. Nilai Fhitung sebesar 10.290 dan nilai Ftabel adalah 3.13.

Published

2021-06-23