ANALISIS PENGARUH PERSONAL SELLING, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN DETERJEN ATTACK PADA CV. MULIA UTAMA MEDAN

Authors

  • Mario Andiaskiton STMB MULTI SMART

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i1.219

Keywords:

Personal Selling, Product Quality, Price and Purchase Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh personal selling, kualitas produk dan harga apakah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan deterjen Attack di CV. Mulia Utama, Medan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dengan metode kuisioner kepada 85 sampel acak dari 108 pelanggan yang ada.  Metode penelitian empiris ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pendekatan kuantitatif untuk melihat hubungan variabel bebas pada keputusan pembelian pelanggan deterjen Attack di CV Mulia Utama. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa kesimpulan: (i) Variable Personal Selling berpengaruh positif, (ii) Kualitas Produk berpengaruh positif, (iii) Harga berpengaruh positif, (iv) Ketiga variabel Personal Selling, Kualitas Produk, dan Harga secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (v) hasil dari hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel Personal Selling, Kualitas Produk, dan Harga yang diteliti benar dapat mempengaruhi ketimpangan sebesar 63,5 persen, sedangkan 36,5 persen sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel di luar model (yang tidak diteliti).

Published

2021-06-23