ANALISIS PENGARUH LOYALITAS KONSUMEN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI PRODUK PADA PT. RAJA INDONESIA MEDAN

Authors

  • Stevany Thessa STMB MULTISMART

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v7i1.294

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Loyalitas Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana loyalitas konsumen dan komunikasi pemasaran mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk dari PT Kingled Indonesia. Menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Validitas dan reliabilitas kuesioner dinilai sebelum data penelitian dikumpulkan. Metode analisis data dalam penelitian regresi ini menggunakan analisis linier berganda dan uji asumsi klasik. Keputusan pembelian dipengaruhi secara signifikan dan parsial oleh komunikasi pemasaran. berdasarkan hasil. Nilai thitung sebesar 4,024 > dari ttabel sebesar 1,661 dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,1 yaitu 0,000 dapat menggambarkan hal tersebut. Sedangkan loyalitas pelanggan mempunyai pengaruh positif kecil dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai thitung sebesar 3,801 > dari tabel sebesar 1,661 dan nilai signifikan yang lebih kecil dari 0,1 yaitu 0,000 dapat menggambarkan hal tersebut. Loyalitas konsumen dan komunikasi pemasaran sama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Fhitung = 23,930 dari Ftabel = 2,36 dan nilai signifikan kurang dari 0,1 yaitu 0,000 menjadi buktinya. Pengaruhnya ada pada faktor selain yang diteliti dalam penelitian ini, dan besarnya sebesar 34,5%.

Published

2023-06-23