PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGE PERIODE 2015-2019

Penulis

  • Fitri Handayani

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i1.201

Kata Kunci:

Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Modal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis pengaruh dari pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap struktur modal perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage periode 2015-2019 sebanyak 53 perusahaan dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Penelitian ini memiliki 37 sampel dan 185 data yang diobservasi. Hasil uji menunjukkan bahwa secara parsial yaitu pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh yang positif tidak signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Pertumbuhan penjualan dan profitabilitas secara simultan atau bersama-sama mampu mempengaruhi struktur modal perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage periode 2015-2019.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-23