PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWA KAMPUS STMB MULTISMART MEDAN SEBAGAI PENGGUNA MACBOOK)

Penulis

  • Silvia Sofyan

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i1.217

Kata Kunci:

Kualitas Produk, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian mahasiswa kampus STMB Multismart Medan pada macbook. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan  terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 9,577 > dari ttabel 1,974 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Untuk inovasi produk didapatkan bahwa secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 8,766 > dari ttabel 1,974 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Secara simultan kualitas produk dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 166,430 > dari Ftabel 2,66 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Besarnya koefisien dterminasi yang didapat memiliki arti bahwa pengaruh yang diberikan adalah sebesar 75,2% sedangkan sisanya 24,8% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini seperti harga, kualitas pelayanan, promosi dan sebagainya.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-23