ANALISIS DETERMINASI MOTIVASI PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA TOKO RAJAWALI MEDAN)

Penulis

  • Yessica Sardina Purba

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i1.225

Kata Kunci:

Motivasi Pegawai, Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai

Abstrak

Semakin berkembang pesatnya pasar globalisasi menyebabkan banyak bisnis atau usaha dituntut untuk dapat memaksimalkan penjualan dan kinerja pegawai, dikarenakan persaingan yang begitu ketat sehingga pemilik bisnis atau usaha harus lebih meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk siap dalam menghadapi persaingan penjualan. Apalagi sejak masuknya wabah virus Covid-19 di Indonesia sangat berpengaruh menurunnya omset pada bisnis atau usaha saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi pegawai dan kualitas pelayanan terhadap kinerja pegawai pada Toko Rajawali Medan. Penelitian ini menggunaan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik non-probability total sampling, kuesioner, wawancara, dan observasi dengan jumlah populasi pada penelitian sebanyak 30 pegawai. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinieritas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji t, uji F, analisis regresi liniear berganda, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil pembahasan, pertama perhitungan koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,944 berarti motivasi pegawai (X1) dan kualitas pelayanan (X2) dapat menjelaskan kinerja pegawai (Y) sebesar 94,4% dan sisanya 5,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini. Hasil pengujian secara parsial diperoleh bahwa motivasi pegawai berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Toko Rajawali Medan dengan nilai thitung (2,148) > ttabel (2,05553) dan nilai signifikan sebesar 0,041 < 0,05. Hasil pengujian secara parsial diperoleh bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Toko Rajawali Medan dengan nilai thitung (7,263) > ttabel (2,05553) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan, nilai Fhitung adalah (246,122) > Ftabel (3,06) dan nilai signifikan juga terlihat 0,000 < 0,05 yang berarti hasil uji hipotesis ini menunjukkan bahwa variabel motivasi pegawai (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) Toko Rajawali Medan.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-23