ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DARAH TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN DI UNIT TRANSFUSI DARAH PMI MEDAN

Penulis

  • Irwadi Bangun

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i2.251

Kata Kunci:

kualitas pelayanan, kualitas konsumen

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh antara variabel kualitas pelayanan darah yang terdiri dari Responsiveness (Daya Tanggap) (X1), Assurance (Jaminan/Kepastian) (X2), Tangible (Bukti Fisik) (X3), Empathy (empati) (X4), dan Realibility (Kehandalan) (X5) memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Variabel Y) di UTD PMI Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa kuisioner dengan jumlah sample sebanyak 70 responden yang datang ke UTD PMI Kab. Kediri. Hasil penelitian menunjukkan dari 5 variabel kualitas pelayanan darah ada 1 variabel yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) yaitu variabel Tangible (Bukti Fisik) (X3) dan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) adalah variabel Empathy (empati) (X4).

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-23