ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BAKAR PADA SPBU PT. SINGA MAS MAKIN SUKSES MEDAN

Penulis

  • Silvia Sofyan

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v5i2.252

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen, Loyalitas Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstrak

– Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dan loyalitas konsumen terhadap keputusan pembelian bahan bakar pada PT. Singa Mas Makin Sukses Medan.Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan perilaku konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 2,795 > dari ttabel 1,984 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,006. Sedangkan loyalitas konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 6,869 > dari ttabel 1,984 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Secara simultan perilaku konsumen dan loyalitas konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 27,602 > dari Ftabel 3,09 dan nilai signifikan di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Besarnya pengaruh yang diberikan adalah sebesar 36,3% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-23