ANALISIS DETERMINAN PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PT. SINGA MAS JAYA ABADI MEDAN

Penulis

  • Yessica Sardina Purba

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v6i1.274

Kata Kunci:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis  mengevaluasi dan mengkaji Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Singa Mas Jaya Abadi Medan di masa Pandemi Covid-19. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak jumlah populasi konsumen PT. Singa Mas Jaya Abadi Medan yang berjumlah 50 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner untuk mengumpulkan data dari variable promosi, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, ujihipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisiesn determinasi. 1. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, Promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. besarnya koefisien determinasi dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,691 berarti promosi dan kualitas pelayanan dapat menjelaskan kepuasan konsumen sebesar 69,1% dan sisanya 30,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-23