ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK OPPO (STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWAMAHASISWI STMB MULTISMART)

Penulis

  • Agusman
  • Enda Mora Siregar STMB MULTISMART
  • Michael Novranda Surbakti STMB MULTISMART

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v7i1.295

Kata Kunci:

Kualitas Produk Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah kualitas produk, harga dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Merek OPPO (Studi Kasus di Kalangan MahasiswaMahasiswi STMB Multismart). Populasi dalam penelitian ini adalah 294 mahasiswa-mahasiswi STMB Multismart dari tahun 2017 hingga tahun 2020. Penarikan sampel dengan rumus Slovin. Sampel penelitian adalah 169 Mahasiswa-Mahasiswi STMB Multismart. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F dan perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian adalah Uji Parsial (Uji t) nilai thitung untuk variabel kualitas produk (X1) terlihat bahwa nilai thitung (5,790) > ttabel (1,974) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Merek OPPO (Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa-Mahasiswi STMB Multismart). Nilai thitung untuk variabel harga (X2) terlihat bahwa nilai thitung (3,927) > ttabel (1,974) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 menunjukan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Merek OPPO (Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa-Mahasiswi STMB Multismart). Nilai thitung untuk variabel citra merek (X3) terlihat bahwa nilai thitung (6,782) > ttabel (1,974) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 menunjukan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Merek OPPO (Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa-Mahasiswi STMB Multismart). Uji-F bahwa nilai Ftabel = 169-3-1 =165 (2,66) dan signifikan α = 5% (0,05) yaitu Fhitung (61,718) dan sig.a (0,000a ), menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Merek OPPO (Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa-Mahasiswi STMB Multismart).

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-23