ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN INGAH SEAFOOD PERBAUNGAN

Penulis

  • Agusman

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v7i2.296

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan Konsumen

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ingah Seafood Perbaungan sebagai tempat untuk mendapatkan makanan seafood. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada konsumen rumah makan yang berjumlah 72 responden. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dengan menggunakan pengolahan data SPSS versi 23, diketahui dari hasil uji secara simultan (uji-F) bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ingah Seafood Perbaungan, selanjutnya melalui pengujian secara parsial (uji-t), hasil uji menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan dan variabel lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ingah Seafood Perbaungan, sedangkan pengujian secara parsial terhadap variabel harga menunjukkan hasil bahwa harga tidak terdapat pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ingah Seafood Perbaungan. Hasil Koefisien Determinasi adalah 0,522. Hal ini berarti total proporsi dari variabel kualitas pelayanan, harga dan lokasi yang dapat dijelaskan dalam penelitian ini adalah sebesar 52,2%. Sementara sisanya sebesar 47,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak teliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23