PENGARUH PERSONAL SELLING DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN VALUTA ASING PADA PT. GUNUNG PERMATA VALASINDO MEDAN

Penulis

  • Michael Novranda Surbakti

DOI:

https://doi.org/10.62262/jmab.v7i2.297

Kata Kunci:

Personal selling, Lokasi, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh personal selling dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan valuta asing pada PT.Gunung Permata Valasindo Medan.Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Penelitian ini menggunakan jumlah populasi 611 orang dan jumlah sampel yang dipergunakan adalah 86 orang. Model analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 72%, nilai persentase ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel dependen sedangkan sisanya merupakan variabel diluar dari penelitian dan nilai R sebesar 0,848 menunjukan terdapat hubungan yang erat antara variabel personal selling dan lokasiterhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian pada tingkat kepercayaan 95% dan test of level 5% menunjukkan secara parsial personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Gunung Permata Medan dengan thitung 10,673> ttabel 1,663, signifikansi yang dihasilkan adalah 0,000 < α 0,05, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Gunung Permata Medan denganthitung 1,663 > ttabel 1,663, signifikansi yang dihasilkan adalah 0,001 < α0,05selanjutnya secara simultan personal selling dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Gunung Permata Medan dengan Fhitung 106,540 > Ftabel3,11 dan signifikansi 0,000<0,05.Perusahaan untuk terus meningkatkan personal selling karyawan terutama pada kemampuan karyawan dalam menangani keluh kesah pelanggan dengan cepat dan perusahaan diharapkan dapat merencanakan dan melakukan perubahan pada area parkir agar lebih luas dan nyaman.>.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23